Available courses

Mata kuliah ini membahas seni mengolah bahan makanan yang dimulai dari proses pemilihan bahan makanan, proses penyimpanannya dan mempersiapkannya sebelum dimasak termasuk dalam mengupas, mencuci, memotong, memberi bentuk, memberi bumbu yang semuanya dikerjakan dengan baik dan tepat. Selanjutnya diteruskan dengan proses pengolahan atau pemasakan dengan berbagai teknik pengolahan dan kemudian disajikan secara menarik dengan diberi tambahan garnish atau hiasan hidangan yang dapat menggugah selera makan dengan tetap memperhatikan segi gizi dan kesehatan.

Mata kuliah Filsafat Ilmu dan Bioetika membahas landasan filosofis ilmu pengetahuan, hakikat, metode, dan etika pengembangan ilmu, khususnya di bidang kesehatan dan gizi. Mahasiswa diajak memahami cara berpikir kritis, rasional, dan reflektif dalam memandang ilmu pengetahuan serta menerapkan prinsip bioetika dalam praktik akademik maupun profesional 

Mata kuliah ini mempelajari sistem asuhan gizi yang terpadu dan berkesinambungan sebagai bagian dari pelayanan kesehatan, yang meliputi beberapa tahapan yaitu assessment gizi, diagnosis gizi, intervensi, monitoring dan evaluasi gizi.

Mata kuliah ini membahas tentang konsep, cara-cara pengawasan dan pengendalian serta manajemen mutu makanan pada rumah sakit, jasa boga, industri besar, menengah, industri kecil/rumah tangga serta faktor yang mempengaruhi mutu makanan, Good Manufactoring Practices (GMP), International Standart Organization (ISO), Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), Halal Assurance System (HAS/SJH), undang-uandang/peraturan pemerintah dan internasional dalam memproduksi dan memasarkan makanan dan minuman serta aspek manajemennya. Di dalam proses pembelajarannya digunakan metode blended learning yang menggabungkan pembelajaran mandiri melalui jejaring internet (asynchronous e-learning) dengan pembelajaran tatap muka (synchronous e-learning). Penyelenggaraan diskusi dalam kegiatan pembelajaran tatap muka (synchronous e-learning) dimaksudkan untuk mempertajam penjelasan teori.

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan implementasi proses asuhan gizi untuk pasien dengan penyakit infeksi, gangguan saluran pencernaan, penyakit hati, kandung empedu dan pankreas, serta defisiensi gizi menggunakan pendekatan Nutrition Care Process (NCP).

Mata kuliah ini membahas konsep komunikasi dan konseling gizi yang mencakup bahasan teori perilaku dan domain perubahan perilaku, pendidikan gizi, konseling gizi, media dan alat bantu konseling gizi, konselor gizi, teori komunikasi, komunikasi perubahan perilaku, komunikasi antar budaya, komunikasi efektif, komunikasi kesehatan, komunikasi persuasif dan penyuluhan.

Mata kuliah ini membahas dasar ilmu gizi, meliputi fungsi zat gizi makro dan mikro, peran energi, vitamin, mineral, cairan, serta proses pencernaan, absorpsi, dan metabolisme zat gizi, termasuk analisis kandungan gizi, perhitungan kebutuhan energi, dan perancangan menu seimbang.

Mata kuliah ini memperkenalkan konsep dasar gizi holistik yang mengintegrasikan tubuh, pikiran, dan jiwa dalam menjaga serta meningkatkan kesehatan melalui pendekatan promotif dan preventif

Mata kuliah ini membahas etika, profesionalisme, dan pengembangan diri dalam praktik bidang gizi untuk membentuk sarjana gizi yang berintegritas dan siap menghadapi dunia kerja.

Mata kuliah ini membahas penerapan prinsip-prinsip gizi holistik dalam konteks asuhan gizi holistik berbasis pendekatan body-mind-spirit

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan
analisis mendalam terhadap konsep dan filosofi ilmu holistik, khususnya dalam
konteks kesehatan fisik, mental, dan spiritual.

Mata kuliah ini mempelajari  tentang  proses  yang mendasari  terjadinya  berbagai   penyakit   dan gangguan metabolisme pada manusia dari segi ilmu gizi, khususnya  penyakit  degeneratif, gangguan  endokrin, gangguan  ginjal, luka bakar ( Combustio), keganasan/neoplasia  dan kondisi  perioperatif. Kedalaman  materi  mencakup  pengenalan gejala, tanda umum, etiologi, sign symptom dan biomarker khas.